Kerawanan Tinggi, Ketua Bawaslu RI Turun ke Kotabaru

DUTA TV BANJARMASIN – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Abhan berkunjung ke kabupaten Kotabaru, Jumat kemarin (03/07/2020). Ia melakukan supervisi pengawasan tahapan verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan di dua desa di kecamatan Pulau Laut Timur.

Kotabaru menjadi daerah pertama di Indonesia yang disinggahi dalam rangkaian kunjungan Abhan. Hal itu tak terlepas dari Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 yang disusun Bawaslu RI, di mana Kotabaru masuk kategori tinggi terutama dalam konteks sosial politik dan infrastruktur terkait pandemi Covid-19.

Kerawanan dalam IKP merujuk pada segala hal yang berpotensi menimbulkan gangguan atau menghambat proses Pemilu yang demokratis. IKP menjadi alat deteksi dini bagi seluruh pemangku kepentingan agar dapat melakukan langkah ansitipasi sehingga pontensi gangguan itu bisa diredam.

“Ktb di antara Kab/kota dalam indeks kerawanan Pilkada masuk kategori tinggi dalam dua hal sosial politik dan infrastruktur terkait Covid-19, misal konflik sosial harus diantisipasi seluruh elemen penyelenggara bekerjasama dengan keamanan bagaimana mewujudkan Pilkada yang Luber, Jurdil bermartabat tanpa ada konflik,” ujar Abhan Ketua Bawaslu RI.

“Konteks sosial kenapa tinggi karena kebetulan ada calon perseorangan gerbong yang dibawa melibatkan suku, tentu ini kami antisipasi, langkah-langkah kami berkomunikasi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan edukasi bahwa ini Pilkada kita menghendaki kondusif aman damai sukses,” harap Mohamad Erfan, Ketua Bawaslu Kotabaru.

Dalam kunjungannya ke Kotabaru, Ketua Bawaslu RI Abhan juga memberikan bimbingan teknis kepada Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan atau Panwascam. Ia menekankan agar tugas pengawasan penyelenggaraan Pilkada tetap berjalan maksimal meski di tengah ancaman pandemi Covid-19.

Reporter: Nazat Fitriah

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *