Kerajinan Tangan Tanah Laut Tembus Mancanegara

DUTA TV TANAH LAUT – Berbagai macam jenis hasil kerajinan tangan atau handycraft ditampilkan saat pelantikan Asosiasi Ekportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Kabupaten Tanah Laut yang bertempat di Balairung Tuntung Pandang.

Kerajinan olahan tangan ini meliputi hiasan atau ukiran, bangku dan meja kayu ulin, lukisan bakar, minatur berbagai macam rumah Banjar dan kapal, tas dari anyaman purun, peralatan dari bahan kayu, kaos serta kain sasirangan dengan motif kijang dan anggrek khas Tanah Laut.

Pameran hasil kerajinan tangan ini termasuk rangkaian dari pelantikan pengurus ASEPHI setempat oleh Bupati Tanah Laut, Sukamta.

“Organisasi ASEPHI diharapkan bisa  bekerjasama dengan yang sudah maju, seperti Bali dan Jogjakarta. Olahan handycraft Tala bisa  menembus pasar internasional,”kata Sukamta.

Hasil kerajinana tangan Tanah Laur

Sukamta juga menambahkan, melalui ASEPHI diharapkan perekonomian masyarakat bisa terbantu, terlebih bagi para pengrajin kreasi olahan tangan.

Menanggapi hal tersebut, telah ada kerjasama dengan ASEPHI dari kota lain agar handicraft pengrajin Tanah Laut bisa  diekspor ke berbagai Negara.

Ketua ASEPHI Tanah Laut, Fahruzzaini mengungkapkan, pihaknya akan menambah produksi dan akan melakukan ekspor yang bekerjasama ASEPHI Jogjakarta.

“Kita akan tambah crafter Tala dan kerjasama dengan ASEPHI  Jogjakarta. Handicraft unggulan sasirangan dan lukisan bakar,”ujarnya.

 

Reporter : Suhardadi

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *