Kenang Jasa-Jasa Pejuang, Pecinta Sepeda Onthel Gelar Kirab

Banjarmasin, DUTA TV Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melepas barisan kirab sepeda onthel yang dimulai di gedung Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin.

Kirab para onthelis atau sebutan untuk pecinta sepeda onthel ini, mengawali rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-75 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalimantan Selatan.

Kirab ini menempuh jarak hingga 20 kilometer dari kota Banjarmasin sampai jalan Liang Anggang atau Makam Pahlawan Nasional Brigjen Hasan Basri di Kota Banjarbaru.

Dalam kesempatan ini, Paman Birin mengapresiasi kesetiaan para onthelis dalam memeriahkan HUT Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan yang dilakukan setiap tahun dengan bersepeda onthel, dengan menggunakan pakaian pejuang zaman dulu.

Menurut Paman Birin, peringatan ini adalah salah satu wujud untuk selalu mengingat jasa-jasa para pejuang, khususnya tentara ALRI Pertahanan Kalimantan.

Sementara untuk empat orang pesepada yang lebih dulu tiba di garis finish, akan diberikan hadian umrah gratis.

Sejarah Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan dimulai pada Januari 1949 dengan membuat gerakan gerilya untuk mendapatkan dukungan dari rakyat di desa-desa. Saat itu pasukan gerilya melakukannya untuk mengambil kendali pos-pos militer Belanda di setiap distrik yang dikusai pihak Belanda.

 

Reporter : Mawardi

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *