Kemenkumham Kalimantan Selatan Tak Batasi WNA Yang Datang

DUTA TV BANJARMASIN – Hampir seluruh negara kini khawatir terjadinya serangan virus corona yang bisa masuk ke negaranya.

Bahkan beberapa negara lain ada yang melakukan pembatasan kunjungan terhadap Warga Negara Asing, terlebih dari warga negera Tiongkok atau Cina.

Berbeda dengan Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan yang tidak memberlakukan penutupan warga negara asing yang ingin berkunjung ke Banua.

Sampai saat ini, pihak pemerintah Provinsi Kalsel dan juga kantor wilayah Kemenkumham Kalsel hanya melakukan antisipasi agar virus tersebut tidak masuk ke Kalimatan Selatan, dengan cara memasang thermal scanner di beberapa pintu masuk bandara dan juga pelabuhan.

Baca juga :KKP Pasang Termal Scanner di Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru

“Kita hanya bisa melakukan tugas penangkalan. Ada 2 tugas terkait adanya WNA kita tidak bisa berdiri sendiri, kecuali ada permintaan dari instntsi berwenang seperti Kemenkes dan kepolisian. Gubernurnya juga tidak ada perintah, paling kita lakukan memeriksa dokumen keimigrasian, harus jelas kepentingannya,” jelas Agus Toyib Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Hingga saat ini, sudah ada 300 lebih Warga Negara Asing yang terdata di kantor wilayah Kemenkumham Kalsel, baik melakukan kunjungan atau bekerja di wilayah Kalimantan Selatan dan 130 lebih diantaranya merupakan warga negara Tiongkok.

Reporter : Zein Pahlevi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *