Kemenag Rilis Buku Manasik Khusus untuk Jemaah Lansia

Jakarta, DUTA TV Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama merilis materi manasik khusus bagi jemaah haji lanjut usia (lansia) yang dikemas dalam bentuk buku dengan judul ‘Tuntunan Manasik Haji dan Umrah bagi Lansia’.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengungkapkan, panduan ini disiapkan untuk memberikan kemudahan bagi para lansia untuk berhaji.

“Buku Manasik Haji dan Umrah bagi Lansia saat ini sudah ada di aplikasi PUSAKA Kemenag, yang bisa diunduh di Playstore maupun Appstore,” ungkap Arsad, Selasa (9/5).

Buku ini merupakan salah satu dari tiga Buku Paket Manasik Haji yang diterbitkan Kemenag untuk jemaah. Dua buku lainnya yakni ‘Tuntunan Manasik Haji dan Umrah’ dan ‘Doa dan Dzikir Manasİk Haji dan Umrah’.

Penguatan materi ini sejalan dengan semangat Haji Ramah Lansia pada tahun ini. “Buku Manasik Haji dan Umrah bagi Lansia ini merupakan wujud perhatian pemerintah dan bentuk penghormatan kepada jemaah haji Iansia,” ungkap Arsad.

Mantan Kepala Daerah Kerja Mekkah itu menegaskan, para jemaah lansia perlu mendapatkan prioritas layanan termasuk layanan manasik haji. Seperti diketahui pada musim haji 1444 H/2023 H, diperkirakan ada sekitar 69 ribu jemaah lansia yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Jumlah ini mencapai sepertiga dari total kuota haji 2023 setelah dua tahun (2020 dan 2021) tidak ada keberangkatan jemaah haji. Ditambah lagi pada 2022 ada pembatasan usia bagi jemaah yang diperkenankan menunaikan ibadah haji.

Pentingnya memasukkan materi manasik haji ramah lansia menyesuaikan dengan kebijakan haji tahun tahun 2023 ini sebagai Haji Ramah Lansia.(mer)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *