Kelompok Tani Sumber Harapan Lakukan Demplot Penanaman Padi Sehat

DUTA TV TAPIN Sejumlah kelompok tani Sumber Harapan desa Bungur Baru kabupaten Tapin terlihat memperagakan proses penanaman padi sehat di lahan sawah seluas 0,5 hektar, Kamis (23/1) pagi.

Proses penanaman sendiri dilakukan dengan sistem Demonstrasi Plot atau Demplot penanaman padi sehat, dengan cara pengaturan jarak tanam serta pemberian pupuk alami guna menghindari resiko dari hama penyakit.

Sementara dalam pelaksanaannya, kelompok tani sumber harapan juga menggunakan jenis padi unggulan yakni bibit padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc yang mana harga jualnya sendiri terbilang tinggi di pasaran.

Demonstrasi Plot atau Demplot penanaman padi sehat

“Kedepannya kita mengharapkan kalau seandainya Demplot tanaman padi sehat ini berhasil maka apa apa yang kita buat bahan-bahan yang kita buat tidak akan kita perjual belikan, tapi kita ajarkan supaya masyarakat bisa untuk membuatnya sendiri,” harap Nafarin ketua kelompok tani Sumber Harapan.

Rencananya jika pelaksanaan Demplot padi sehat tersebut berhasil, pihak Poktan sumber harapan bersedia mengajarkan kelompok tani lainnya yang ada di kabupaten Tapin, agar seluruh petani dapat meminimalisir pengeluaran bahan baku khususnya pupuk yang dibuat secara organik.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

#UPDATE CORONA KALSEL



Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *