Budaya Sosial

Karliansyah Kembali Pimpin Dewan Adat Dayak Tapin

DUTA TV RANTAU – Puluhan tokoh Dayak di Kabupaten Tapin berkumpul dalam musyawarah daerah yang kali pertama digelar pada Minggu (06/01) siang di pendopo Balahendang Rantau Kabupaten Tapin.

Selain menentukan Ketua Dewan Adat Dayak yang baru periode 2019-2024, Musda juga bertujuan menjalin hubungan baik antara masyarakat adat dengan pemerintah setempat, terutama dalam hal percepatan pembangunan.

Muhammad Yunus selaku Asisten Pemerintahan Kabupaten Tapin mengungkapkan, lewat organisasi Dewan Adat Dayak (DAD) di Tapin, diharapkan bisa menjadikan komponen masyarakat bekerja sama dengan pemerintah.

“Kita berharap nanti proses organisasi ini berjalan dengan lancar sehingga terpilih pengurus yang benar – benar bisa mewakili seluruh masyarakat Dayak Kabupaten Tapin. Komponen masyarakat juga bisa bekerjasama dengan Pemkab Tapin sehingga bisa memberikan masukan atas pembangunan yang ada di Tapin, khususnya di daerah Kecamatan Piani,”ujar Yunus.

Sementara Ketua DAD Provinsi Kalimantan Selatan Difriadi Darjat menjelaskan kedudukan DAD yang sangat penting di masyarakat.

“Ini adalah mekanisme organisasi yagn dilaksanakan yang kedua. Ini bagian dari sosialisasi agar mampu membangun dan menjembatani antara kepentingan masyarakat dengan pemerintah, sekaligus juga kepentingan masyarakat adat. Sehingga muncullah harmonisasi,”ungkap Difriadi.

Musda kali ini menetapkan Karliansyah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Tapin periode 2019-2024 yang akan datang.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

 


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *