Karang Taruna Karya Nyata Panen Perkebunan Tumpang Sari

DUTA TV TAPIN – Berbagai jenis tanaman sayur-sayuran seperti cabai, timun, dan tomat, berhasil dikembangkan oleh anggota Karang Taruna Karya Mandiri jalan Lorong Bupati, kabupaten Tapin dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar pemukiman tempat tinggal mereka.

Meski berada di pemukiman padat penduduk namun usaha yang terbilang berhasil, hal tersebut terbukti dengan hasil panen memuaskan yang mereka lakukan pada Sabtu siang.

Dengan melakukan pola tumpang sari para anggota Karang Taruna tersebut dapat menanam berbagai macam jenis tanaman yang dapat mereka nikmati sendiri maupun untuk di jual.

“Kebetulan kami berada di perkebunan karya nyata Karang Taruna Lorong Bupati, dalam rangka pemanenan hasil kebun yang akan kami kembangkan lebih dalam, yaitu tanaman tumpang sari, jadi berupa perkebunan dan perikanan disini, kami memacu agar SDM karya anak-anak muda disini lebih berkembang nyata dan bias menghasilkan hasil positif, dan juga kreatifitas mereka, dan memanfaatkan lahan-lahan yang tidur di sini berhasil guna berdayaguna, sehingga kita dapat menyandang pangan yang ada di daerah kita sendiri, harapannya kedepan lahan ini agar lebih bias dikembangkan sehingga dapat menciptakan karya usaha mereka, artinya SDM mereka bisa berkembang dalam rangka karya usaha ini,”jelas Siti Jahura, ketua RT 02 jalan Lorong Bupati.

Siti Jahura, ketua RT 02 jalan Lorong Bupati

Siti Jahura, ketua RT 02 jalan Lorong Bupati

Selain difungsikan sebagai lahan perkebunan, di lokasi itu juga dibuat pembudidayaan ikan air tawar yang sederhana, dimana para karang taruna telah memanennya beberapa hari lalu dengan jenis ikan betutu atau pepuyu dan ikan sepat.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *