Jokowi Tinjau Food Estate dan Bantu UMKM Kalteng

Pulang Pisau, DUTA TV — Presiden Joko Widodo meninjau food estate atau lumbung pangan di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah pada Kamis (8/10/2020). Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi mengatakan dia melihat langsung proses pemupukan dan pembajakan sawah dengan menggunakan teknologi.

“Seperti yang kita lihat di sini tadi misalnya untuk pemupukan kita pakai drone, membajak sawah kita memakai traktor apung,” kata Presiden dalam pernyataan yang disiarkan secara langsung oleh akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (8/10/2020).

Lihat Juga :  30 Juta UMKM Ditargetkan Go Digital 2023

Dia mengatakan traktor yang digunakan adalah jenis khusus yang memiliki kemampuan membajak lahan seluas dua hektare dalam satu hari.

“Ini adalah sebuah kecepatan karena yang akan kita kerjakan adalah sebuah hamparan yang sangat luas sehingga dibutuhkan mekanisasi alat-alat modern,” katanya.

Proyek food estate juga mengombinasikan sawah dengan tanaman bawang merah serta pohon jeruk dan kelapa.

Selain itu, pemerintah juga memanfaatkan air irigasi yang melimpah untuk membudidayakan ikan. Dengan kombinasi tersebut, Jokowi berharap pendapatan petani akan naik, karena tidak hanya memiliki hasil panen padi saja. Apabila model kombinasi pertanian tersebut berjalan dengan baik, pemerintah akan melakukan hal yang sama di tempat lain.

Lihat Juga :  Vaksinasi & Pengembangan UMKM Menjadi Tonggak Ekonomi di Kalsel Pada Tahun 2021

“Model bisnisnya akan kita copy di tempat-tempat lain per 1.000 hektare lahan,” kata Jokowi.

Adapun, total lahan food estate di Kalimantan Tengah seluas 168.000 hektare. Pada 2020 total lahan yang akan digarap seluas 30.000 hektare. Di Pulang Pisau pemerintah menggarap lahan seluas 10.000 hektare dan di kabupaten Kapuas 20.000 hektare.

Lihat Juga :  Sudah Tahu Lidi Nipah Bernilai Ekspor ?

Selain meninjau proyek food estate, Presiden Jokowi juga membagikan Bantuan Presiden Produktif untuk pelaku usaha mikro dan kecil. Presiden membagikan Rp2,4 juta kepada pelaku usaha terdampak pandemi di gedung Pertemuan Umum Handep Hapakat.

Setelah itu, dalam perjalanan ke Bandara Tjilik Riwut menggunakan helikopter, Presiden meninjau lokasi lumbung pangan singkong di kabupaten Gunung Mas kemudian kembali menuju Ibu Kota menggunakan pesawat kepresidenan.(ekbis)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *