Jokowi Pesan, BLT Minyak Goreng Jangan Dipakai Beli Pulsa ya

Jakarta, DUTA TV Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerukan kepada masyarakat agar bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp 300 ribu dipergunakan sesuai peruntukannya.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meninjau proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng kepada 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang digelar di Pos Bloc, Jakarta.

“Saya telah menyampaikan kepada pemerintah daerah untuk mengingatkan masyarakat bahwa BLT minyak goreng ini harus digunakan sesuai tujuannya yaitu membeli minyak goreng maupun sembako. Tapi jangan dipakai beli pulsa, ” kata Jokowi, seperti dikutip Selasa (26/4/2022).

Pemerintah melalui Kementerian Sosial sendiri telah menunjuk Pos Indonesia dalam penyaluran BLT minyak goreng kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Tanah Air.

Penyaluran bantuan ini diharapkan dapat tersalurkan kepada 18,3 juta KPM sebelum lebaran. Jokowi ingin agar bantuan ini bisa segera tersalurkan karena masyarakat saat ini membutuhkan bantuan tersebut.

Adapun untuk mendukung kelancaran penyaluran dan agar program tersebut tepat sasaran, telah dioperasikan mobile application, yakni Sistem Aplikasi BT-PKLWN dari Telkom untuk penyaluran oleh TNI, dan Sistem Aplikasi Puskeu Presisi untuk penyaluran BT-PKLWN oleh POLRI. Kalau untuk BLT Migor yang di Kemensos, menggunakan Sistem di Kemensos dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk penerima PKH dan Kartu Sembako.

“Penggunaan mobile application yang dioperasikan secara real-time akan membangun akuntabilitas, transparansi dan mendukung agar program ini tepat sasaran,” kata Sesmenko Susiwijono beberapa waktu lalu.(cnbci)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *