Imigrasi Banjarmasin Bentuk Timpora Wilayah HSS dan Tapin

DUTA TV HSS – Perkembangan globalisasi mendorong terjadinya pergerakan aliran modal dan investasi keberbagai penjuru dunia, sehingga memicu terjadinya migrasi penduduk atau pergerakan tenaga kerja antar negara termasuk di wilayah Kalimantan Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin mengaku telah membentuk tim pengawasan orang asing untuk wilayah Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Selatan pada Rabu siang (19/6/2019), salah satu fungsi tim nantinya akan mengumpulkan informasi dan data keberadaan warga negara asing dari tingkat Desa hingga Provinsi.

Sementara itu, pembentukan tim pora sendiri juga diharapkan mampu menjadi wadah pengoptimalan terhadap instansi terkait untuk dapat melakukan koordinasi tentang keberadaan WNI khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tapin agar menciptakan keseimbangan antara penegakan hukum dan kemudahan investasi di wilayah masing-masing.

Menurut kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Syahrifullah menjelaskan dengan adanya tim pora sendiri dapat menjaga ruang lingkup pengawasan baik dari segi administrasi maupun pengawasan lapangan nantinya.

“Memang di Banjarmasin ini tidak ada orang asing,  dan di Hulu Sungai Selatan ada beberapa orang, kita harus merapatkan barisan supaya orang asing yang ada di wilayah dua Kabupaten ini supaya kita bisa mengawasi Bersama-sama, untuk kegiatan orang asing maupun yang datang wisata disini Karena kita tidak tau bahwa apa itu wisata hanya wisata benar atau tidak, nah oleh Karena itu makanya kita harus membentuk tim pora ini untuk saling memberikan informasi antara instansi yang terkait di dalam anggota tim,” jelas Syahrifullah.

Syahrifullah (tengah), Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin

 

Hingga saat ini di dua Kabupaten tersebut terdata ada beberapa orang asing yang menetap untuk bekerja, namun tidak menjadi masalah yang signifikan dan mengkhawatirkan terkait keberadaan mereka.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.