Imam Netralisir Air Asin Jadi Layak Konsumsi

Tanah Laut, DUTA TV — Warga Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut menyambut gembira pengolahan air payau menjadi layak konsumsi oleh pemerintah desa yang bekerjasama dengan penemu sistem CHC atau charcoal high carbon dalam pengolahan air payau dan air asin.

Pengolahan air menggunakan kolam penampungan air yang berukuran 25 x 20 meter, dengan kedalaman 7 meter yang terletak di RT  1 Desa Swarangan.

Sebelumnya sejak puluhan tahun lalu warga di Desa Swarangan kesulitan air bersih, lantaran kondisi air sumur mereka yang keruh dan tak layak untuk dikonsumsi.

Sejumlah warga mengatakan, selama ini untuk konsumsi air bersih setiap hari mereka terpaksa membeli dengan harga yang relatif cukup mahal.

“Sebelum adanya ini setiap hari beli air Rp 20.000,- sehari, Sudah lama sejak kecil sangat bermanfaat,” ujar Rusli, Warga

“Kalo beli dengan uang ratusan ribu setiap bulannya karena ga ada air bersih, airnya kuning sudah lama sangat membantu masyarakat himung,” Kata Mahfud, Warga.

“Dipantai warga kesulitan air bersih, penelitian 3 tahun baru ketemu formula bagaimana air asin menjadi air tawar hingga layak konsumsi, cukup untuk 500 KK mudahan desa lain juga gunakan seperti ini,” ucap Imam, Penemu Formula Air Bersih.

Pengolahan air payau menjadi layak konsumsi skala desa ini menghabiskan senilai 415,5 juta dari anggaran dana desa, untuk mencukupi keperluan air bersih bagi 500 kepala keluarga.

Temuan inipun menjawab keluhan masyarakat setempat yang selama ini krisis air bersih.

 Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *