HTM Pantai Gedambaan Naik, Omzet Pedagang Turun

DUTA TV KOTABARU Sejak awal 2019 harga tiket masuk (HTM) pantai Gedambaan Kotabaru mengalami kenaikan.

Kenaikan ini seiring dengan diberlakukannya Peraturan Daerah nomor 5 tahun 2018 tentang retribusi jasa usaha. Harga tiket naik 2 kali lipat dari sebelumnya yakni Rp 5.000,- per orang.

Pasca naiknya HTM pantai Gedambaan, selama 2 bulan terakhir pedagang di kawasan objek wisata ini mengeluhkan penurunan omzet.

Menurut pedagang kondisi itu terjadi lantaran sepinya pengunjung yang ditengarai sebagai imbas dari naiknya harga tiket. Di sisi lain, tarif sewa warung yang dikenakan kepada pedagang juga ikut naik.

“Langsung terasa drastis dampaknya. Jadi sepi. Sewa warung juga naik dari 75 ribu jadi 250 ribu. Lebih dari setengahnya naiknya. Gimana ya biar di sini ramai lagi,”ungkap Jenah, pedagang di Pantai Gedambaan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kotabaru Khairian Anshari menepis kenaikan harga tiket masuk pantai Gedambaan telah menggerus tingkat kunjungan wisatawan.

Dengan berbagai pembenahan dan penambahan fasilitas yang dilakukan, pihaknya tetap optimis target jumlah wisatawan maupun pendapatan asli daerah dapat tercapai.

“Adanya anggapan akan menurunkan jumlah wisatawan tidak juga. Data stabil. Yang masuk bagus. Mungkin masih perlu penyesuaian. Pasti akan ada pro kontra. Tapi yagn penting komitmen kami bahwa berbagai fasilitas akan ditingkatkan,”jelas Khairian.

Tahun ini tingkat kunjungan wisatawan pantai Gedambaan ditargetkan mencapai 600 ribu orang. Sedangkan untuk target PAD dipatok sebesar Rp 700 juta atau naik 3 kali lipat dari tahun sebelumnya.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *