Hasil Panen Jagung Petani Gunung Melati Melimpah

Tanah Laut, DUTA TV — Bibit jagung hybrida j-H 37 katuju yang ditanam petani menuai hasil melimpah. Hal ini tergambar saat Bupati Tanah Laut Muhammad sukamta bersama Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal z/a melakukan panen raya di Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar.

Bibit Jagung Katuju ini, merupakan hasil dari persilangan yang dilakukan oleh petani di Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin, serta petani Desa Telaga Langsat dan Desa Banua Lawas Kecamatan Takisung beberapa waktu lalu.

Lihat Juga :  Petani di Padang Batung Sukses Panen 3,5 Ton Padi Gogo

Muhammad Sukamta sangat mendukung inovasi petani lokal dalam upaya meningkatkan produksi jagung, lantaran pihaknya menginginkan para petani untuk melakukan 3M yakni maju, mandiri dan modern.

Meskipun awalnya hasil produksi jagung katuju yang didapat masih kurang memuaskan, namun berkat kegigihan petani di Desa Gunung Melati saat ini menghasilkan panen yang melimpah.

Lihat Juga :  Petani di Padang Batung Sukses Panen 3,5 Ton Padi Gogo

Sementara itu, P-J Gubernur Kalsel Safrizal dalam sambutannya mengapresiasi para petani di Desa Gunung Melati, yang antusias terhadap produksi hasil banua.

Pihaknya akan selalu mengembangkan bibit jagung katuju, dengan mengenalkan kepada petani di Kabupaten lain di Kalsel untuk menggunakan bibit jagung local, yang terbukti lebih tahan penyakit atau hama.

Selain menggelar panen raya jagung lokal katuju, juga dilaksanakan penanaman jagung dengan bibit j-h katuju dan syukuran tahunan transmigran di desa gunung melati.

Lihat Juga :  Petani di Padang Batung Sukses Panen 3,5 Ton Padi Gogo

Turut hadir dalam acara ini Direktur Perbenihan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Edy Purnawan,  Jajaran Forkopimda dan S-K-P-D terkait serta para Kepala Desa se Kecamatan Batu Ampar dan ratusan petani.

Reporter : Suhardari

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *