Ekonomi Sosial

Harga Bahan Pokok Di Pasar Kemakmuran Stabil

Duta TV Kotabaru Harga sejumlah komoditas bahan pokok di komplek Pasar Kemakmuran Kotabaru menjelang akhir tahun terpantau normal.

Pemantauan dilakukan Satgas Pangan Kepolisian Resort Kotabaru bersama Pemerintah Daerah setempat untuk memastikan stabilitas harga dan pasokan bahan pokok menyambut Natal.

Hasilnya menurut keterangan pedagang, saat ini tidak ada gejolak yang berarti. Kenaikan harga bahan pokok yang signifikan lebih banyak terjadi saat mendekati Lebaran.

Di luar itu gejolak harga lebih rentan terjadi pada komoditas sayur mayur, seperti cabai rawit yang dalam sebulan ini mengalami kenaikan harga sebesar Rp 10.000,- per kg, dari 40 ribu menjadi 50 ribu rupiah.

Hal ini disebabkan permintaan yang meningkat di bulan Maulid sedangkan stoknya berkurang.

Meski terpantau stabil, harga beberapa komoditas bahan pokok di pasar tradisional ini berada di atas rata-rata standar nasional.

Seperti daging sapi dibanderol Rp 140.000,- perkilogramnya. Kondisi ini sudah berlangsung sejak lama dan dinilai wajar karena pengaruh biaya angkut.

Demikian juga dengan beras-beras varietas lokal. Selama ini harganya lebih mahal dari harga beras Jawa maupun Sulawesi karena dipicu rendahnya produktivitas.

Meski demikian pasokan bahan pokok di Kabupaten Kotabaru menjelang akhir tahun diklaim cukup. Untuk menjaga stabilitas harga, sebelum natal dan tahun baru dinas-dinas terkait berencana menggelar operasi pasar.

 

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *