Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor Dianugerahi Pena Emas

Banjarmasin, Duta TV – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor berhasil memaparkan presentasinya dengan judul Sinergitas Pemerintah dengan Pers dalam rangka Anugerah Pena Emas 2021 yang digelar PWI melalui virtual zoom di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, kamis (4/2).

Dalam pemaparannya dihadapan tim panelis dari Tokoh Pers nasional dan PWI Pusat yakni Atal S. Depari, Margiono, Ilham Bintang, Nurjaman, Rajab Ritonga, Sasongko Tedjo, Akhmad Munir, Mohammad Ihsan, Banjar Chaeruddin dan Aury Jaya, Paman Birin menyampaikan peran pers sangat penting dalam membangun daerah di Kalimantan Selatan.

“Melalui kebijakan yang dimasukan ke dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016-2021, Pers berperan penting sebagai rekan kontrol kebijakan yang telah dibuat agar pelaksanaan program bisa terpantau dan terkontrol sehingga sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan,” ungkap Gubernur yang juga pada tahun 2019 lalu menerima Golden Award dari SIWO PWI Pusat atas kepeduliannya dalam memajukan olah raga di Banua.

Lihat Juga :  Kapolda Kalsel Dampingi Gubernur Kalsel Lepas Bantuan Kemanusiaan dari Presiden RI untuk Korban Banjir

Terkait sikap kritis pers terhadap kinerja pemerintah, diakui oleh Gubernur menjadi pecutan bagi pihaknya untuk bekerja lebih keras lagi dan membenahi kekurangan – kekurangan yang ada.

Dalam hasil pemaparan tersebut, Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari dan tim panelis memberikan penilaian dengan hasil sangat memuaskan kepada H. Sahbirin Noor atas pemaparan dan kontribusinya terhadap perkembangan Pers selama ini.

Salah satu dukungan tersebut yakni digelarnya Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan, yang mana sebelumnya Sumatera Utara mengundurkan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan HPN. Dalam kurun waktu tiga bulan untuk mempersiapkannya, Kalsel berhasil sukses dalam menyelenggarakan HPN tersebut.

Lihat Juga :  Paman Birin Dukung Penggalangan Radja Ian Kasela Untuk Kalsel

Selain itu, Gubernur melalui Pemprov Kalsel juga memiliki andil besar dalam meningkatkan profesionalitas wartawan di Kalimantan Selatan bersama PWI melalui gelaran ujian kompetensi wartawan yang rutin digelar mulai 2016 hingga 2020.

Anugerah Pena Emas ini diberikan oleh PWI Pusat kepada  seseorang atau sekelompok orang atau suatu lembaga, sebagai penghargaan Persatuan Wartawan Indonesia atas jasa-jasa luar biasa yang bersangkutan kepada bangsa dan negara, atau khususnya bagi kepentingan Pers Nasional.

Lihat Juga :  Ketua DPRD Kalsel Apresiasi Kinerja Birin-Rudy

Rencananya penyematan Anugerah Pena Emas secara langsung akan dilakukan oleh PWI Pusat kepada Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor pada gelaran Puncak Hari Pers Nasional 2021 pada 9 februari mendatang di Jakarta.

“Kami meminta pada Hari Pers diharapkan bapak Sabirin berhadir untuk menerima penyematan secara langsung,” ucap Atal S. Depari Ketua PWI Pusat.

 

Di Kalimantan Selatan, hingga kini sudah ada 6 orang yang mendapatkan penghargaan Pena Emas yaitu Gubernur H. M. Said (1995), Gubernur H. Gusti Hasan Aman (2000), Gubernur H. Rudy Ariffin (2015), Tokoh Banua H. A. Sulaiman HB (2015), Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani (2018) dan H. Sahbirin Noor (2021).

Arian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *