Geliat Budidaya Bibit Durian “Si Mungkal” Saat Pandemi

Pelaihari, DUTA TV — Nasrudin seorang petani asal Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, kini menggeluti budidaya bibit tanaman durian di kebunnya.

Pengembangan bibit tanaman durian, dilakukan nasrudin pasca buah durian si mungkal miliknya meraih juara satu dan juara favorit pada kontes durian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan beberapa bulan lalu.

Setelah delapan bulan berjalan, bibit tanaman durian milik Nasrudin saat ini mencapai ribuan bibit, selain varietas si mungkal ada juga jenis bibit durian lain seperti si montong, durian duri hitam dan si bawor.

Pada awalnya Nasrudin mulai bertani durian dan menghasilkan varietas baru, yakni perpaduan dari durian lokal dan durian asal Binjai Provinsi Sulawesi Selatan, varietas itu diberi nama si mungkal.

Di lahan kebun miliknya di Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong bibit durian simungkal di nobatkan sebagai indukan unggulan oleh BPTH Kalsel.

Varietas durian jenis si mungkal yang dikembangkan Nasrudin, memiliki keunggulan dalam cita rasa dan kuantitas buah lebih banyak.

Saat ini sebanyak duaribu bibit durian simungkal sudah dipesan oleh sejumlah pejabat teras di Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu, dan bahkan pesanan dari luar daerah.

“Banyak yang mesan seperit Bupati, Wakil Bupati  dan Sekda, Batulicin juga ada kita kirim yang jadi favorite si mungkal, eksperimen sendiri dia unggul di rasa, BPTH sudah berkunjung kesini meneliti batang, daun dan bunga, dikiram pernah meraih juara,” tuturnya.

Nasrudin Pemilik Kebun Durian
Nasrudin Pemilik Kebun Durian

Pembibitan durian simungkal dengan metode sambung pucuk, yakni bibit batang pohon jenisnya boleh beragam sedangkan bagian sambungan atas pohon di sambung pucuk jenis si mungkal, tanaman durian ini rata-rata dalam jangka waktu 4 tahun sudah berbuah.

Satu bibit pohon durian jenis simungkal dibanderol dengan harga Rp100.000,- hingga Rp150.000,- namun uniknya meskipun harganya relatif mahal, di saat pandemi saat ini Nasrudin justru kewalahan untuk memenuhi pesanan dari pelanggan.

Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *