Gelar Donor Darah, KKB Bantu Tutupi Kekurangan Stok Darah di PMI

DUTA TV BANJARMASIN – Satu persatu pengurus Kerukunan Keluarga Bakumpai pusat, hingga pengurus tingkat kecamatan berpartisipasi menyumbangkan darah mereka, di kantor Sekretariat KKB.

Donor darah ini digelar sebagai bentuk keprihatinan KKB, atas menipisnya stok darah yang saat ini terjadi karena Wabah Covid-19.

Kendati hanya dibuka terbatas lantaran mengikuti anjuran pemerintah tidak diperbolehkan mengumpulkan orang banyak, namun di donor darah kali ini sudah terkumpul sebanyak 20 kantong darah sesuai target.

Kegiatan ini disambut positif pendonor yang berpartisipasi, dan berharap darah yang mereka sumbangkan bisa tersalur tepat sasaran.

“Bagus sekali kegiatan ini semoga KKB bisa terus memberi sumgbangsih ke masyarakat,” kata Af Tony Pendonor

Kendati tidak berkontribusi banyak namun KKB memastikan akan menggelar kegiatan ini berkala, agar stok darah di PMI bisa tersedia sesuai kebutuhannya.

“Aksi ini kita laksanakan dengan berkurangnya stok darah di kota Banajrmasin, karen itu KKB pusat menghimbau kepada warganya untuk bisa mengajuka donor darah, dilaksanakna pada hari ini dengan jumlah yang terbatas yang akan kami laksanakan setiap 3 bulan,” Ucap  Hairudin Noor Ketua Harian KKB Pusat

Hairudin Noor (kiri) Ketua Harian KKB Pusat

Hairudin Noor (kiri) Ketua Harian KKB Pusat

Pasca corona sudah menyebar di sejumlah daerah di Kalsel, beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat harus terhenti, termasuk unit transfusi darah Palang Merah Indonesia Banjarmasin, yang tak bisa melakukan kegiatan donor darah keliling, akibatnya jumlah pendonor berkurang hampir 80% dan tak bisa menutupi kebutuhan PMI, yang mencapai 150 hingga 200 kantong perharinya.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *