Gas Buang Kendaraan Bermotor Masih Belum Memprihatinkan

DUTA TV BANJARMASIN – Sejumlah petugas dari Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin dan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin serta sat Polresta Banjarmasin, memberhentikan kendaraan roda 4 dan lebih di kawasan jalan Brigjend Hasan Basery Rabu pagi (28/08/2019).

Petugas langsung memeriksa gas buang dari kendaraan tersebut untuk mengetahui seberapa besar dampak gas buang dari kendaraan bermotor yang mencemari udara di kota Banjarmasin.

Meskipun tidak menjelaskan secara detil Kabid pengawasan Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin, Wahyu menerangkan, untuk sementara hasil gas buang dari kendaraan bermotor masih dianggap belum terlalu banyak dan masih di bawah batas memperihatinkan.

“Ini dalam rangka pencegahan pencemaran udara jadi dilakukan uji emisi pada kendaraan, target kita mengukur gas buang dengan target 1.500 kendaraan dari yang bergerak dan tidak bergerak, hasilnya masih relatif kecil, dan dihari kedua ini tidak terlalu banyak, masih ada kesadaran dalam pemeliharaan kendaraan”, jelas Wahyu.

Kabid pengawasan Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin, Wahyu

Selama tiga hari melaksanakan giat uji emisi ini, Dinas Lingkungan Hidup menargetkan 1.500 kendaraan untuk diuji emisi.

Sementara hasil dari uji tersebut nantinya akan dijadikan bahan evaluasi pemerintah kota untuk menerapkan peraturan atau kebijakan dalam berlalu lintas.

 

Reporter : Zein Pahlevi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *