DPRD Kotabaru Loby Hingga ke Pusat Tangani Eks Kebakaran

Kotabaru, DUTA TV — Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru akan melakukan usaha maksimal dalam penanganan dan penataan eks kebakaran di Kelurahan Kotabaru Tengah, diantaranya melakukan loby ke pemprov dan pemerintah pusat.

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, hal itu dilakukan menyusul terbatasnya kemampuan keuangan daerah.

“Kami akan melakukan loby ke pemprov dan pemerintah pusat, diantaranya kementerian PUPR dalam penataan lokasi eks kepabakaran, dan ke kementerian sosial terkait penanganan korban kebakaran,” kata Syairi, Senin (09/11).

Sebelumnya, Pemerintah Kotabaru akan mengalokasikan anggaran untuk sewa rumah bagi para korban musibah kebakaran yang menghanguskan 126 rumah di lima RT Jl Patmaraga Kelurahan Kotabaru Tengah Kecamatan Pulaulaut Sigam beberapa waktu lalu.

Syairi Mukhlis mengatakan, penanganan pasca bencana dilakukan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

“Penanganan jangka pendek, selain pendirian dapur umum dan pemberian bantuan-bantuan, kita akan mengalokasikan dari APBD untuk biaya sewa rumah bagi para korban dalam tiga bulan ke depan,” kata Syairi.

Politisi PDIP ini menuturkan, terkait ini diperlukan surat keputusan (SK) tanggap darurat terkait bencana dari bupati, setelah itu akan menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT) dari APBD untuk mengalokasikan dana sewa rumah untuk tiga bulan bagi warga terdampak kebakaran.

Sesuai dengan leading sector, anggarannya melalui BPBD Kotabaru, yang besarannya akan dihitung sesuai kemampuan keuangan daerah.

Kemudian untuk penanganan jangka panjangnya, Syairi menjabarkan akan dilakuan penataan dengan pembangunan kembali rumah dengan konsep ramah lingkungan, seperti akses yang mudah jika terjadi bencana.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *