Pemerintahan

DPRD Kalsel Dukung Jakarta Baru di Kalimantan

DUTA TV BANJARMASIN – Wakil rakyat Kalsel mendukung rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke pulau Kalimantan.

Kendati nanti daerah yang dipilih bukan kota di Kalsel, namun Kalsel disebut akan mendapatkan keuntungan besar jika Jakarta baru berada di pulau Kalimantan.

Terlebih 3 kota nominasi yang berpeluang dipilih sebagai Ibu Kota Negara berada dekat dengan banua, yakni Palangkara Raya Kalteng, Balikpapan Kaltim, dan Tanah Bumbu, yang tak lain bagian dari wilayah Kalsel.

Kondisi ini dinilai memberikan dampak yang sangat luas, baik bagi peningkatan perekonomian maupun percepatan pembangunan infrastruktur di Kalsel.

“Awal pasti mendukung itu, jadi potensi menguntungkan bagi Kalsel karena bagaimanapun juga kalau jadi Ibu Kota bagaimanapun pembangunan pusat akan fokus mau tidak mau dampaknya Kalsel cepat dan sangat berkembang,” ucap Suripno Sumas, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel.

Suripno Sumas, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel

 

“Awal kalau berbicara kriteria pertama teknis, mungkin salah satunya daerah dari sisi ancaman bencana, aman kalau bicara Kalsel Tanbu mungkin paling aman, Banjarmasin dan sekitarnya sampai ini faktanya ada tiap tahun sampai kapan tidak tahu Tanbu aman dari situ,” ujar Surinto, Anggota Komisi III DPRD Kalsel.

Surinto, Anggota Komisi III DPRD Kalsel

 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sudah melakukan kunjungan di 2 tempat berbeda, yakni Kalteng dan Kaltim pekan lalu, pertimbangan Kalimantan dipilih sebagai pusat pemerintahan karena dinilai terbebas dari segala bencana alam, khususnya gunung meletus, gempa, tsunami, dan banjir, termasuk kebakaran lahan dan hutan.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *