DPD RI Gandeng FH ULM Bahas Prolegnas 2020-2024

DUTA TV BANJARMASIN – Kegiatan dibuka oleh wakil dekan III Fakultas Hukum ULM menghadirkan 3 narasumber, diantaranya Dr. Rudy staf ahli PP UU DPD RI, Dr. Ahmadi Yusran ketua bagian hukum tata negara dan pengajar RUU FH ULM, dan perwakilan dari biro hukum setdaprov Kalsel.

Selain narasumber FGD juga dihadiri peserta yang berlatar belakang dari perwakilan pemerintah daerah, terutama yang terkait dalam bidang hukum dan pembangunan daerah, para praktisi hukum, advokat, serta akademisi ULM bidang politik dan bidang hukum.

Prolegnas sendiri merupakan instrumen perencanaan program pembentukan undang-undang yang merupakan bagian hak dan atau kewenangan DPD dalam mengajukan RUU, tujuannya menginvetarisasi kebutuhan legilasi dan klasifikasi berdasarkan aspirasi kebutuhan masyarakat.

“Saya kira karena terkait nasional tidak ada khusus sepsifik untuk kepentingan seluruh daerah, jadi di sini ada beberapa prioritas, dan mudahan bisa masuk”, kata Habib Hamid Abdullah anggota DPD RI perwakilan Kalsel.

Habib Hamid Abdullah anggota DPD RI perwakilan Kalsel

“Terimakasih sudah menyambut baik kerja sama DPD, karena memang sudah seharusnya universitas dilibatkan, karena bagaimanapun juga perguran ujung tombak, sehingga memang tepat sekali dari DPD minta masukan dari akademisi di fakultas secara khusus”, tutur Erlina wakil dekan III FH ULM.

Erlina wakil dekan III FH ULM

FGD ini diharapkan mampu menyerap masukan dan kritikan masyarakat, guna perencanan usul RUU untuk prolegnas DPD RI 2020-2024.

Dengan usulan itu diharapkan tercipta konsep pembangunan hukum yang teralisasi dalam bentuk program, serta menempatkan daerah sebagai subjek bukan objek yang selalu menerima apapun keputusan dari pusat tanpa argumentasi dan keinginan berdasarkan realitas kebutuhan daerah.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti


Follow Me:


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *