DLH Kalsel Jadikan HPSN Sebagai Momentum Prioritaskan Penanganan Sampah

Banjrmasin, DUTA TV Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari mendatang menjadi momentum penting untuk memprioritaskan penanganan sampah yang idealnya melibatkan semua komponen masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana, mengungkapkan pemerintah tidak akan mampu bekerja sendiri, mengingat sampah merupakan persoalan serius dan multi dimensi sehingga penting untuk di resonansi terus menerus.

Lihat Juga :  Simanis Disperin Kalsel Buka Pendaftaran Pelatihan Pelaku IKM Mulai Maret Mendatang

“Saatnya pemerintah medorong upaya-upaya penanganan sampah yang terbukti memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan sektor usaha pengumpulan dan pengangkutan sampah dengan memastikan keberlanjutan penyelenggaraan bank sampah, TPS3R, dan pusat daur ulang,” ucap Hanifah, Banjarbaru, Kamis (18/2/2021).

Menurut Hanifah, pemerintah juga perlu mendorong pengembangan industri dan alat mesin pengolah sampah yang mulai tumbuh di Kalsel.

Lihat Juga :  Ikuti Rapat Monev Pelaksanaan Vaksinasi, Pj Gubernur Sampaikan Progres Vaksinasi di Kalsel Capai 77 Persen

“Industri daur ulang komposting dan bio gas serta tentunya industri sampah menjadi energi alternatif yang sudah dikembangkan di TPA regional yang mengolah oli bekas menjadi bahan bakar alternatif High Speed Diesel,” tambah Hanifah.

Tidak lupa, Hanifah juga mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah. Selain, membangun partisipasi masyarakat melalui pilah sampah dari rumah sebagai upaya penyediaan bahan baku sampah yang bernilai ekonomi.

Lihat Juga :  KPH Hulu Sungai Gandeng IPPKH Bangun Wisata Edukasi Di HSS

“Mari kita lakukan sekarang pilah sampah dan kurangi sampah untuk Banua bersih, masyarakat sehat, dan tentunya lingkungan yang lebih terjaga,” pungkas Hanifah. MC Kalsel/Rns

Tim liputan


Informasi ini juga bisa dilihat di website Diskominfo Kalsel Klik disini

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *