Dispora Siapkan Lima Pemuda Pelopor ke Tingkat Nasional

Seleksi Calon Pemuda Pelopor Pemuda Prov Kalsel

Banjarmasin, DUTA TV — Kelima pemuda pelopor yang mendapatkan apresiasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel ini, merupakan peserta seleksi pemuda pelopor yang berhasil meraih nilai tertinggi dari dewan juri.

Kelimanya, akan menjadi Wakil Kalimantan Selatan untuk mengikuti pemilihan pemuda pelopor tingkat nasional tahun 2022. Adapun lima bidang pemuda pelopor yang akan dikirimkan yakni bidang Pendidikan, pangan, agama sosial dan budaya, bidang pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata, serta bidang inovasi dan tekhnologi.

Dari lima bidang itu, dua bidang yakni pangan dan inovasi tekhnologi, peringkat tertinggi ditempati perwakilan dari kota Banjarmasin.

Beberapa aspek yang membuat kota Banjarmasin meraih nilai tertinggi di dua bidang itu adalah kreatifitas. Di bidang pangan, mengangkat kuliner lokal yakni mie goreng pedas banjar rabuk haruan dan saluang. Sedangkan untuk inovasi dan tekhnologi, mengangkat tentang sistem tanaman hidroponik yang bisa dikontrol melalui smartphone.

“Juara di bidang pangan mie goreng pedas banjar dicampur dengan kuliner khas lokal ikan haruan yang dilestarikan kita juga ada yang basah dan frozen food, proses masih mienya untuk sekarang kita masih pakai mie burung dara dan kemudian kedepan kita akan buat lagi mie sehat,” ucap Agus Ridho Hidayat, Juara 1 Bidang Pangan.

“Ulun membawa inovasi hidroponik teknologi ini ulun kembangkan sedemikian rupa hingga bisa diatur lewat handphone, yang bisa diatur itu kadar nutrisi PPM itu yang diatur jadi bisa dimana saja dan kapan saja bisa diaturnya,” kata Muhammad Fitriadi, Juara 1 Bidang Inovasi dan Tekhnologi

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel mengakui, dari lima perwakilan yang akan mereka ikutsertakan di tingkat nasional, pihaknya optimis mampu mengulang prestasi tahun lalu, dimana perwakilan Kalsel menempati peringkat satu dan dua.

“Memang di pusat dilaksnakan dan kita sudah melakukan penjurian tingkat provinsi insyaallah kita akan ikutkan di tingkat nasional karena  5 bidang yang telah terpilih kita siapkan kerjasama dengan bidang OKP pemuda pelopor jd mempersiapkan bagaimana mereka siap untuk menyiapkan atau memaparkan di tingkat pusat. Tahun kemaren ada 2 pelopor nasional juara 1 dan dua targetnya kan potensi pemuda di daerah berkembang makanya kita target dapat hasil yang memuaskan,” tutur Heru Susmianto, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel.

Dalam penutupan seleksi yang dilaksanakan selama dua hari ini, juga diumumkan peserta terbaik yang menduduki peringat dua dan tiga dari lima bidang. Mereka, dinilai dari aspek kepribadian, kepemimpinan, kreativitas, keuletan hingga aspek dampak positif di lingkungan masyarakat.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.