Sosial Technology

Dishub Sosialisasikan “Helm PSK Pintar”

DUTA TV BANJARMASIN – Demi menekan angka kecelakaan di provinsi Kalimantan Selatan terutama pada kaum milenial atau anak muda, Dinas Perhubungan provinsi Kalimantan Selatan menggelar sosialiasi keselamatan berlalu lintas di siring Menara Pandang Minggu pagi (28/07/2019), kegiatan penyeluhan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh sekretaris daerah  kalsel, Haris Makki.

Selain sosialisasi dalam kegiatan ini Dishub prov Kalsel juga menggelar launching helm PSK pintar atau singkatan dari Pasang, Satukan, dan Klik, yang merupakan hasil karya Chiko Bonny Johanda peraih juara pertama peningkatan kapasitas pelajar peduli keselamatan jalan 2019 tingkat nasional, asal SMA Negeri 1 Banjarmasin.

Helm karya Chiko ini dilengkapi dengan sensor yang menggunakan satu alat, dimana kalau alat tersebut di pasang di kendaraan, tidak akan bisa menyala kalau helm yang digunakan tidak di klik.

Menurut Chiko helm ini adalah salah satu terobosan untuk menyadarkan para pengendara akan keselamatan dengan menggunkan helm dengan benar.

“Jadi pada awalnya PSK ini merupakan ide ditingkat kota, dan saat di provinsi saya tetap membawa slogan ini namun hanya dapat juara tiga, dan saat persiapan menuju nasional dengan slogan aja pasti tidak bisa dan tidak cukup, dan dari itu saya berpikir untuk membuat alat yang namanya helm PSK pintar, helm PSK pintar adalah helm yang berbeda karena ada chip atau sensor remot,” terang Chiko Bonny Johanda.

Chiko Bonny Johanda penemu helm PSK Pintar

“Jadi kita hari ini menggelar sosialisasi untuk memberikan keterangan dan pengetahuan bagi kaum milenial tentang keselamatan, selain itu ada launching helm juga dari Chiko ini sangat bagus karena dia merupakan juara tingkat nasional, tentu kita akan mendukung dan memfasilitasi dirinya untuk mengembangkan ini,” ucap Rusdiansyah.

Sementara itu helm PSK pintar ini bisa digunakan disegala macam kendaraan roda 2 baik matic maupun manual, karena alat sensor pada helm bisa diletakan pada pusat antar listrik mesin.

 

Reporter : Ade Yanuar


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *