Dirjen Perhubungan Darat Resmikan Bus BRT dan Damri

DUTA TV BANJARMASIN – Pemotongan pita oleh Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Budi Setiyadi, didampingi Sekretaris Daerah provinsi Kalimantan Selatan Haris Makkie, serta anggota Komisi DPR RI Rifqinizamy Karsayuda, menandai diresmikannya penggunaan Bus Rapid Transit atau BRT serta Damri di Kalsel.

Sesi peresmian tersebut juga diwarnai tradisi batapung tawar yang mana dalam kepercayaan Banjar, ini merupakan tradisi untuk menghilangkan sesuatu yang tidak baik pada benda tersebut.

Lihat Juga :  Pemko Banjarmasin Dapat Hibah Bus Sekolah

Kehadiran bus BRT serta Damri ini sebenarnya bukan hal baru, dan sebelumnya sudah dilakukan launching oleh pemerintah daerah.

tradisi batapung tawar

tradisi batapung tawar

Hanya saja dalam peresmian kali ini diharapkan pengoperasionalan kedua jenis bus ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menggunakan angkutan umum, guna mengurangi angka kecelakaan serta mengurai arus kemacetan.

Lihat Juga :  ULM dan UIN Antasari Dapatkan Hibah Bus Kementrian Perhubungan

“Mengucapkan terimakasih atas peran serta pemda melaunching bus BRT, Kalsel saya perhatikan bagus sekali membangun angkutan masal ini, dan diharapkan oleh pak mentri, untuk meminilisir angkutan pribadi,” tutur Budi Setiyadi.

“Ya kita bersyukur faslitas angkutan darat sudah tersedia, kita harapkan dimanfaatkan, dan yang penting dipelihara,” kata Haris Makkie.

Di Kalsel sendiri saat ini sudah ada sebelas unit BRT serta 6 unit Damri yang mana keduanya memiliki trayek berbeda.

Lihat Juga :  ULM dan UIN Antasari Dapatkan Hibah Bus Kementrian Perhubungan

Yakni untuk BRT memiliki rute dari Banjarmasin, terminal, hingga ke Bandara Syamsuddin Noor dan kota Banjarbaru. Sedangkan untuk rute bus Damri yakni terminal Km 6, terminal pal 17 hingga Martapura.

Reporter : Nina Megasari

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *