Direktur KPLP Pantau Kelayakan Angkutan Laut Di Pelabuhan Trisakti

DUTA TV BANJARMASIN – Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Dirjen Perhubungan Laut dari Kementrian Perhubungan, pagi tadi, Selasa (25/12/2018) memantau kelayakan angkutan kapal penumpang, di pelabuhan Trisakti Bandarmasih . Didampingi Petugas Pengamanan Pelabuhan, Direktur KPLP Dirjen Perhubungan Laut dari Kementrian Perhubungan, Junaidi melakukan rampcek terhadap fasilitas, mesin, dan sertifikat kelayakan kapal untuk berlayar.

Selain itu ia juga memantau kondisi para penumpang, baik orang maupun angkutan barang. Selain itu, pengecekan juga dilakukan terhadap standar operasional prosedur sebelum para penumpang memasuki areal pelabuhan.

Pantauan ini dilakukan untuk memastikan kelayakan angkutan kapal yang disiapkan menghadapi Natal dan Tahun Baru.  Junaidi menuturkan, kondisi kapal penumpang dengan kapasitas sekitar 750 orang ini aman untuk digunakan. Pengecekan dilakukan untuk menghindari adanya kejadian yang tidak diinginkan,  salah satunya kecelakaan di perairan. Kendati pihaknya juga menurunkan kapal khusus untuk menjaga areal perairan di Kalsel dari Tanjung Perak.

Direktur KPLP Dirjen Perhubungan Laut dari Kementrian Perhubungan, Junaidi (seragam putih)

“Kita semua para Eselon I dan II Jajaran Dirjen Perhubungan Laut dapat tugas sesuai instruksi untuk melakukan pemantauan kegiatan angkatan laut. Artinya fasilitas yang ada masalah ketersediaan fasilitas penumpang, xray, sterilisasi pelabuhan dan kapal – kakal Roro, tadi saya juga sudah ke anjungan, semua sertifikast saya cek masih oke,”ujar Junaidi.

Junaidi tak lupa mengingatkan adanya cuaca ekstrim yang terjadi dalam 7 hari ke depan melalui maklumat pelayaran. Maklumat pelayaran tersebut ditujukan kepada seluruh kepala kantor Kesyahbandaran Utama.

Pada kesempatan itu juga dilakukan kunjungan ke Stasiun Radio Pantai Banjarmasin dan di Kapal KN Chundamani P116 yang dikerahkan KPLP untuk mengamankan perairan Kalimantan Selatan.

 

Reporter : Mawardi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *