Di Kalsel, Ada Dua Daerah Yang Terindikasi Terkena PMK

PMK terdeteksi di dua wilayah di Kalsel (foto:duta tv)

Banjarmasin, DUTA TVBalai Veteriner Banjarbaru, menyatakan ada dua daerah di Kalsel yang diduga hewan ternak sapinya mengidap penyakit mulut dan kuku atau PMK, daerah tersebut yakni Tanah Laut dan juga Hulu Sungai Utara.

Untuk di Tanah Laut hanya satu desa saja yang hewan ternak sapinya mengidap PMK, sementara di Hulu Sungai Utara, juga satu desa, namun di HSU sendiri masih menunggu hasil lab, apakah memang mengidap PMK atau tidak.

Pihak balai juga sudah melakukan lockdown terhadap dua desa itu agar tidak mengirim hewan ternak mereka ke daerah lain, untuk menghindari penularan yang lebih masiv.

Tak hanya di dua Kabupaten itu, petugas dari Balai Veteriner Banjarbaru juga sudah melakukan surveilans klinis di sejumlah Kabupaten lain, terhadap hewan ternak sapi untuk memastikan tidak mengidap PMK.

“Untuk yang di Kalsel baru dua Kabupaten dan dua Desa di Tanah Laut Desa Bumi Jaya, dan di HSU disalah satu desa. Hanya di dua desa itu saja, kitab juga sudah melakukan surveilans klinis kecuali didesa itu seluruh Kalsel aman, kami juga sudah melakukan tindakan melockdown lalu lintas ternak tersebut,” ujar drh. Putut Eko Wibowo, Kepala Balai Veteriner Banjarbaru.

Ditambahkan putut, PMK mudah disembuhkan yakni dengan penanganan yang cepat seperti diberi obat dan juga antibiotik. Sedangkan penularan melalui PMK juga cukup cepat yakni melalui udara. Dari hasil pemeriksaan sementara, sekitar 31 hewan ternak sapi yang mengidap penyakit mulut dan kuku tersebut.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.