Data Pemilih Pilkada Masih Digodok di KPU RI

DUTA TV BANJARMASIN – Selain persiapan tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 yang saat ini masih pada proses pencalonan perseorangan KPU disetiap tingkatannya juga tengah mempersiapkan proses persiapan data pemilih untuk pemilihan kepala daerah mendatang.

Proses pada sinkronisasi data yang bersumber dari daftar penduduk potensial, pemilih pemilu yang disiapkan Kemendagri itu sudah diserahkan ke KPU RI pada pekan terakhir Januari kemarin.

Data yang diserahkan ke penyelenggara pusat itu sudah dilakukan analisis serta singkronisasi untuk kembali diverifikasi ke penyelenggara Pemilu di daerah se Indonesia, hingga proses pencocokan dan penelitian ditingkat desa kelurahan.

Edy Ariansyah Komisioner KPU Kalimantan Selatan

“Tanggal 23 Januari telah menerima daftar penduduk potesial pemilihan, DP4 sudah dilakukan konsolidasi, verifikasi validasi Kemendagri, setelah itu diserahkan ke KPU RI. DP4 yang diterima KPU kemarin akan dilakukan analisis, disingkronisasi dengan DPT Pemilu terakhir. Jangka waktu 2 bulan hingga Maret 2020,” jelas Edy Ariansyah Komisioner KPU Kalimantan Selatan.

Data di DP4 berisikan daftar pemilih potensial untuk pemilihan umum dan akan diverifikasi petugas penyelenggara Pemilu hingga ditingkat desa, yakni proses pencocokkan dan penelitian.

Pada Pemilu terakhir, jumlah pemilih pada DPT di tetapkan KPU Kalsel sebanyak 2.869.166 pemilih.

Reporter : Fadli Rizki


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *