Covid-19 di Kotabaru Melonjak, Rumah Sakit Penuh

Kotabaru, DUTA TV — Ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit umum daerah Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru kembali penuh.

Dalam sepekan terakhir, dari kapasitas 34 tempat tidur hampir 90 persennya terisi. Kondisi ini merupakan dampak lonjakan kasus positif Covid-19 pada awal tahun 2021.

Hingga sekarang, menurut Cipta Waspad, Plt Direktur Rsud Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru, trennya belum menunjukkan penurunan sehingga membuat pihak rumah sakit dibayangi kekhawatiran. Pasalnya jika pasien yang perlu dirawat terus bertambah maka ruang perawatan mau tak mau juga harus ditambah. Sementara sebagai satu-satunya rumah sakit yang ada di Kotabaru, RSUD Pangeran Jaya Sumitra masih harus melayani pasien umum.

Lihat Juga :  Hari Ini Jatah Vaksin COVID-19 Untuk Lansia

Pihak rumah sakit berharap penambahan kasus Covid-19 dapat ditekan dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat di masyarakat, selain vaksinasi yang diupayakan  pemerintah.

“Protokol kesehatan di masyarakat dengan 5M saya kira perlu benar-benar diawasi. Karena kami saat ini dengan  posisi ruangan yang tersedia selalu penuh, ada kekhawatiran kalau ini berjalan terus kita harus menambah dan memberikan alternatif lain,”jelasnya.

Lihat Juga :  Mekanisme Vaksinasi COVID-19 untuk Masyarakat Umum

Saat ini sekitar 30 persen ruangan di RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru digunakan untuk perawatan pasien Covid-19 bergejala berat.

Sebelumnya pasien Covid-19 hanya menempati ruang VIP, namun seiring bertambahkan kasus, lambat laut beberapa ruangan lainnya terpaksa ikut dialihfungsikan.

Ruangan yang beralihfungsi itu diantaranya ruang perawatan bedah dan ruang perawatan anak yang kini digabung dengan ruangan lain, seperti ruang perawatan penyakit dalam dan ruang perawatan kebidanan.

Lihat Juga :  Jokowi Vaksin Kedua sementara Corona Tembus 1 Juta

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *