Ciptakan Lapangan Kerja, Pemprov Kalsel Diminta Gencarkan Pertumbuhan Industri

Surabaya, DUTA TV Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan meminta Pemprov Kalimantan Selatan  semakin menggencarkan pertumbuhan industri di banua. Hal itu dalam rangka menciptakan lapangan kerja menyambut bonus demografi 2045.

Kalimantan Selatan  diminta belajar dari Jawa Timur. Provinsi itu memiliki PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), dimana 50 persen sahamnya milik Pemprov Jawa Timur dan Pemko Surabaya.

Dalam kunjungan ke PT SIER, Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Yani Helmi mengatakan, membangun industri di Kalimantan Selatan  untuk menciptakan lapangan pekerjaan merupakan strategi krusial mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan kondisi sosial yang lebih stabil dan sejahtera.

“Perusahaan berdiri sejak tahun 70an dan mereka bergerak di industri manufaktur dalam kawasan ini ratusan perusahaan local. Bahkan saking padatnya di daerah ini, mereka sudah ekspansi keluar dari Surabaya dan Sidoarjo kalau tidak salah Pasuruan. Ketika Pasuruan penuh mereka akan pindah ke kota berikutnya. Jadi pembangunan industri ini begitu masif di Jawa Timur,”ungkapnya.

Kedatangan Komisi II DPRD Kalimantan Selatan yang disambut Direktur Utama PT SIER membahas tentang bagaimana industri Indonesia ke depannya, juga tantangan menyambut Indonesia Emas.

Kalimantan Selatan sendiri dinilai mampu untuk mengembangkan industri karena kaya akan sumber daya alam.

 

Tim liputan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *