Cegah Stunting Anemia, Pemkab Tanah Laut Intervensi Dari Dini

Tanah Laut, DUTA TV Demi mendukung pencegahan stunting, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui Dinkes Tanah Laut (Tala) melakukan intervensi dari hulu yaitu menanggulangi dan mencegah anemia pada remaja putri. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Tala Yuliansyah, saat ditemui di ruang kerjanya.

Program menanggulangi dan pencegahan anemia pada remaja putri ini dimulai dengan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri yang memiliki kadar Hemoglobin (HB) yang kurang dari 12.

Lihat Juga :  Sukamta Instruksikan Jajaran SKPD Perketat Kerumunan Demi Pencegahan Covid 19

Kabid Kesmas Yuliansyah menuturkan bahwa intervensi yang dilakukan kepada remaja putri sangatlah penting. Ia menyebutkan pencegahan anemia menjadi salah satu langkah untuk menghindari terjadinya kelahiran stunting kemudian hari.

“Pesan saya makanan juga harus bergizi, hindari makan-makanan yang tidak jelas kandungannya contohnya seperti junkfood yang sekarang banyak ditemui,” ujar Yuliansyah.

Disampaikan pula bagi remaja putri dianjurkan untuk meminum obat tambah darah jika sedang haid dengan dosis 1 tablet per hari, jika sedang tidak haid 1 tablet per minggu yang bisa didapatkan di Bidan Desa setempat.

Lihat Juga :  Razia Prokes Tanah Laut Jaring 23 Warga Tak Gunakan Masker

Program pencegahan stunting dengan metode intervensi dari hulu ini kini hadir di setiap rangkaian acara Manunggal Tuntung Pandang yang rutin dilaksanakan Pemkab Tala dalam berbentuk sosialisasi Gerakan Cegah dan Tangani Anemia pada Remaja Putri.

Reporter : Suhardadi

Asiah


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *