Carut Marut Data Kemenkes, KPU Siap Petakan Vaksin

Jakarta, DUTA TV — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan siap menerjunkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membantu program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah pusat.

Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan pihaknya akan menyiapkan data penduduk sesuai dengan permintaan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Selain itu, KPPS juga bisa direkrut kembali untuk membantu vaksinasi.

Lihat Juga :  Sukamta: Vaksinasi Covid-19 Aman

“Kalau dibutuhkan kerja sama sampai level paling bawah, sampai komunitas atau kelompok KPPS, maka kami bisa merekrut mereka kembali,” kata Arief Rapat Kerja KPU yang digelar daring, Jumat (29/1).

Arief menyampaikan bahwa para petugas KPPS punya pengalaman memetakan kelompok masyarakat. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk menentukan titik pusat vaksinasi di setiap daerah.

Lihat Juga :  Vaksin Tahap Dua Banjarmasin Diawali Dengan  lansia

Selain itu, KPPS juga punya pengalaman distribusi logistik pemilu. Menurut Arief, pengalaman itu bisa dimanfaatkan dalam proses distribusi vaksin.

Arief menyerahkan keputusan kepada Kemenkes. Namun, KPU menyatakan siap jika diminta membantu demi menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Keterlibatan KPU dalam vaksinasi Covid-19 bermula dari carut-marut data Kementerian Kesehatan. Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan tidak percaya dengan data milik kementeriannya sendiri.

Lihat Juga :  Target 21 Februari, Vaksinasi Covid-19 Banjarmasin Baru 48 %

Budi ingin memakai data milik KPU. Sebab KPU baru memutakhirkan data sebelum gelaran Pilkada 2020.(cnni)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *