BPBD HSS : Puncak La Nina Awal Tahun Depan !

BPBD HSS ingatkan puncak la nina awal tahun 2021 (foto:dutatv)

Hulu Sungai Selatan, DUTA TV — Cuaca ekstrim yang terjadi akibat perubahan iklim la nina diperkirakan masih terus terjadi di hampir wilayah Kalimantan Selatan, tak terkecuali di kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Dimana hampir setiap hari hujan deras disertai angin kencang terasa di kota Bumi Antaludin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)HSS, Roni Rusnadi memperkirakan puncak la nina akan terjadi pada awal tahun 2021 mendatang.

Meski hingga kini belum terjadi bencana, namun cuaca ekstrim membuat tiupan angin semakin kencang yang  mengakibatkan beberapa pohon besar tumbang sehingga menutup ruas jalan hingga menimpa rumah warga.

“Puncaknya Januari dan Februari itu debit hujan akan lebih banyak hujannya. Sampai saat ini dampak dari cuaca ini memang ada yang  kami khawatirkan itu banjir dan lain lain. Yang sudah terjadi adalah terjadinya angin puting beliung cukup deras sehingga mengakibatkan beberapa pohon tumbang yang  menimpa rumah warga di beberapa kecamatan. Kemudian juga tumbang yang  menghalangi jalan umum di beberapa titik di HSS,”terangnya.

Untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan akibat dampak cuaca ekstrim yang terjadi, pihaknya  sudah mengeluarkan surat himbauan siaga bencana ke masing – masing kecamatan agar selalu siap jika sewaktu – waktu terjadi musibah.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.