BPBD Banjar Perpanjang Status Siaga Banjir

Martapura, DUTA TV Potensi bertambahnya durasi waktu dan debit air, meluapnya Sungai Martapura masih bisa terjadi, sehingga potensi meluasnya dampak banjir yang terjadi di minggu ketiga bulan Maret, masih tinggi.

Data dari BPBD Banjar, hingga hari Selasa sudah menerima informasi, air permukaan sungai Riam Kiwa di Kecamatan Sungai Pinang, sudah rata dengan tebing sungai, karena tingginya curah hujan.

Kendati di kecamatan itu dan Kecamatan Pengaron, dilaporkan aman, dan belum ada banjir, namun tingginya permukaan air Sungai Riam Kiwa, menjadi ancaman serius di kawasan rawan banjir di bagian bawah.

Menurut Kalaksa BPBD Banjar Muhammad Solhan, sejauh ini belum ada laporan banjir di bagian atas, namun tingginya permukaan air Sungai Riam Kiwa, menjadi ancaman serius dan status siaga diperpanjang.

“Pantauan kami tadi pagi wilayah atas memang air sungai ada kenaikan karena hujan, dan sampai pagi juga hujan, cuma masih batas normal semoga tidak berkelanjutan, dan bersiap-siaplah kita di daerah bawah, dan status kita masih siaga sejak Januari kemarin tadi,” katanya.

BPBD Banjar sendiri mengimbau agar masyarakat di kawasan rawan banjir tetap waspada, apabila curah hujan masih tinggi, karena air Sungai Riam Kiwa akan menambah debit banjir di bagian hilir

Reporter : Tarida Sitompul

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *