BKKBN Dukung SMPN 4 Banjarmasin Jadi Sekolah Siaga Kependudukan

DUTA TV BANJARMASIN – Bersama dengan PLT kepala perwakilan BKKBN Kalsel, dan kepala BKKBN kota Banjarmasin, kepala SMP Negeri 4 Banjarmasin menunjukkan pojok kependudukan yang dibuat oleh peserta didiknya di masing-masing ruangan kelas.

Pojok kependudukan ini adalah media penyampaian informasi seputar permasalahan kependudukan di Kalsel, harapannya para siswa dan siswi mampu ikut berupaya dan mensosialisasikan pentingnya menanggulangi angka ledakan penduduk saat ini di Kalsel.

Menurut kepala sekolah, pojok kependudukan ini adalah kreatifitas mereka guna menuju sekolah siaga kependudukan, saat inipun pihaknya juga telah mengintegrasikan pembelajaran seputar kependudukan di beberapa mata pelajaran.

“Alhamdulillah kami sangat merasa berbangga hati dari kondisi SMPN 4 di kampung cukup banyak penduduk, Inshaalah 2020 dicanangkan SMPN 4 Banjarmasin dengsn sekolah siaga kependudukan, siswa siswi kami mampu mendapat info dan wawasan tentang keluarga berencana lebih dini, sebenarnya untuk kependudukan sudah ada di IPS tapi masih diintegrasikan lagi ke mata pelajaran lain”, tutur Syahrida kepala SMPN 4 Banjarmasin.

Syahrida kepala SMPN 4 Banjarmasin

Sementara dalam moment rakor kependudukan kota Banjarmasin tahun 2019 yang dibuka BKKBN, BKKBN kalsel turut mendukung upaya ini dengan harapan mampu menjadi percontohan bagi sekolah lain di Banjarmasin, sebagai media penyampaian infomrasi seputar permasalahan kependudukan.

“Sekolah ini sangat menarik sekali tadi dikatakan kepsek di setiap kelas ada pojok kependudukan, melalui pojok kependudukan para remaja dibekali tentang ilmu-ilmu kependudukan, mereka tau bagaimana misalnya menghindari menikah usia muda, menghindari narkoba, pergaulan bebas, seks bebas, untuk menyiapkan semua itu dalam rangka menyiapkan generasi berkualitas nantinya”, ujar Ramlan PLT Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel.

Ramlan PLT Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel

Rakor kependudukan ini sendiri diikuti seluruh kepala SMP Negeri maupun swasta yang ada di Banjarmasin, rakor sendiri mengangkat tema pengendalian kependudukan melalui sinergitas pendidikan kependudukan pada sekolah siaga kependudukan untuk mewujudkan Banjarmasin baiman.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *