Pemilu Pilkada

Bawaslu Mulai Cermati Data Pemilih Pilkada 2020

DUTA TV BANJARMASIN – Disahkannya PKPU nomor 15 tahun 2019, tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020, juga menjadi atensi penyelenggara pengawas di Bawaslu kota Banjarmasin.

Ditahap awal ini, Bawaslu kota Banjarmasin tengah fokus mempersiapkan mekanisme pengawasan dalam proses pemiliham umum kepala daerah serentak di kota seribu sungai, khususnya dalam pencermatan data pemilih.

Komisioner Bawaslu kota Banjarmasin, Rahmadiansyah mengatakan pengawasan data pemilih dinilai urgen lantaran disetiap proses pemenuhan hak konstitusional kerap didapati beberapa persoalan, misal warga pindah pilih, meninggal, pindah domisili kependudukan, dan lainnya.

“Upaya melakukan pengawasan di 2 tahapan Pemilu 2019 dan Pilkada, kita petaka tahapan krusial, melakukan update data pemilih yang bekordinasi dengan KPU dan Dinas Penduduk, sesuai tahapan pemutakhiran data harus diperhatikan bersama agar melakukan pendaftaran sebagai pemilih, misal yang meninggal dan pindah agar tidak tumpang tindih,” terangnya.

Regulasi PKPU Pilkada 2020 kali ini akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni tahapan persiapan dan penyelenggaraan, di tahapan persiapan yang dimulai akhir September melingkupi proses perencanaan program dan anggaran serta penyusunan pedoman teknis, hingga pembentukan panitian adhoc, dilanjutkan dengan pemutakhiran data pemilih.

Dan di tahapan penyelenggaraan melingkupi pengumuman dan pendaftaran calon perseorangan, penetapan paslon, kampanye, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi hasil suara di tutup dengan penetapan calon terpilih serta pengusulan, pengesahan dan pengangkatan calon kepala daerah terpilih.

 

 

Reporter : Fadli Rizki – Elsa Pratiwi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *