Banjir Tumpah, Sampah Melimpah

BANJARMASIN, DUTA TV — Banjir tumpah sampah melimpah, menjadi kondisi nyata yang terjadi di kota Banjarmasin.

Hingga Senin siang (25/01) petugas kebersihan berjibaku dengan gunung sampah yang meluber di tempat pembuangan sampah Vetran atau di pertigaan sungai Gardu menuju jalan Pramuka.

Komisi III DPRD Banjarmasin, Isnaini, menyoroti penanganan sampah, agar juga fokus ditangani dinas terkait jika keterbatasan armada, dewan menyarankan agar menyewa armada lainnya, agar persoalan sampah dapat dibersihkan dan tidak menambah kesemrawutan kota, terlebih ditengah musibah banjir.

Lihat Juga :  Halaman Koramil 1007 Banjarmasin Timur Masih Terendam Air

“Jika sampah berlebih, penanganan juga harus ekstra, bisa laksanakan gandeng pihak lain, misal angkutan bisa disewa, bagaimana pembayaran, itu teknis, penting penanganan agar segera ditangani,”  ujar Isnaini.

Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin langsung terjun menangani sampah yang saat ini diketahui overload, TPS terisi penuh sampah pasca banjir dari warga masyrakat, khususnya daerah Banjarmasin Timur, Selatan dan Utara.

Lihat Juga :  Ratusan Sekolah di Banjarmasin Terdampak Banjir

“Puncak kemaren, hari ini beberapa TPS double kapasitas. Ada permohonan warga dipemukiman. Karena pasca darurat kita berusaha layani itu. Kita lemburkan 6 truk, saat ini belum beres,” ungkap Kabid Kebersihan dan pengelolaan sampah DLH Banjarmasin, Marzuki.

Dinas juga menghimbau kesadaran warga agar tidak membuang sampah non rumah tangga ke TPS, agar tidak mengganggu rutinitas pengangkutam sampah secara maksimal.

Lihat Juga :  DPRD Kritik Pemkab Banjar Lamban Tangani Pasca Banjir

Reporter : Fadli Rizki


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *