Banjir Bertahan di Desa Bahandang, Warga Bangun Panggung Dalam Rumah

Kabupaten Batola, DUTA TV — Suasana di salah satu rumah warga Desa Bahandang Kecamatan Jejangkit Kabupaten Batola. Warga ini terpaksa memasak di apar apar atau panggung yang dibangun diatas lantai rumahnya.

Kondisi ini terjadi lantaran genangan air yang tak kunjung surut, di tempat ini ketinggian air dalam rumah warga sempat mencapai pinggang orang dewasa. Dan kini pasca sebulan berlalu, kondisi air bertahan diatas mata kaki.

Lihat Juga :  Masih Terisolir, NU Care Lazisnu & YBM PLN Sambangi Korban Banjir Tanipah

Selain pemukiman, banjir di titik ini juga mengenangi sejumlah fasilitas umum berupa mushola dan 1 buah sekolah. Dari data, total saat ini warga yang terdata terdampak banjir di Desa Bahandang mencapai 140 kepala keluarga.

Pengurus IPCN Tembus Jalur Darat dan Sungai Untuk Serahkan Sembako

Sementara itu, aksi sosial berbagi Sembako yang digawangi pengurus IPCN atau Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara terus dilakukan.

Lihat Juga :  Korban Banjir Akan Dibangunkan Rumah Kembali

Untuk menuju Desa Bahandang, pengurus dan relawan, dibantu personil koramil 1005-05 Mandastana harus kembali berganti transpor dari jalaur darat ke sungai. Pasalnya titik yang dituju tak bisa ditembus melalui jalur darat.

Sesampainya di lokasi, relawan langsung mengangkut bantuan Sembako ke rumah warga penerima secara langsung.

“Alhamdulillah, ini adalah kegiatan IPCN yang kesekian kalinya memberikan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Barito Kuala, yang sudah satu setengah bulan ini masih terendam banjir. Sasarannya adalah warga-warga sekitar yang terkena dampak banjir, dari bantuan kawan-kawan IPCN. Harapannya juga hal ini tidak terulang lagi, dan juga untuk pemerintah bisa mengantisipasi kedepannya, insyaallah,” ucap Nanang Suryana dan H Burhan Aco, pengurus IPCN Kalselteng.

Lihat Juga :  Minimalisir Penyimpangan, Kemenkeu Fokus ke Bantuan Tunai

Dari data, di kabauten kecataman mantastana, ada tiga wilayah yang masih tergenang, yakni Desa  Bahandang,  Jejangkit Muara dan Desa sampurna.

Tim Liputan

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *