Banjarmasin Punya Sekolah Siaga Kependudukan

DUTA TV BANJARMASIN – SMK Negeri 4 Banjarmasin resmi ditetapkan sebagai pionir Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Kalimantan Selatan. Penetapan tersebut ditandai dengan pemotongan  pita oleh Deputi Pengendalian Penduduk Dari BKKBN Pusat, Dwi Listyawardani.

Tujuan ditetapkannya SSK, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terutama pelajar tentang kependudukan dan kehidupan berkeluarga, serta pentingnya menikah di usia ideal.

Terpilihnya SMK Negeri 4 Banjarmasin sebagai SSK dikarenakan sekolah yang memiliki seribu lebih siswa tersebut didominasi perempuan dan memiliki jurusan di bidang pariwisata.

Pariwisata sendiri dinilai erat kaitannya dengan kependudukan dan kehidupan berkeluarga.

“Isu kependudukan sangat banyak, mencakup berbagai aspek kehidupan ada berbagai persoalan yang masih dihadapi yang harus diketahui jajaran sekolah baik pengurus sekolah, guru apalagi siswa itu sendiri,”tutur Dwi.

Kedepan, menurut Kepala SMK Negeri 4 Banjarmasin, Syafruddin, guru pembimbing akan banyak berperan dalam konsultasi dengan para siswa.

“Nanti guru BP SMKN 4 sangat berperan untuk konsultasi masalah reproduksi dan hal – hal teknis menyangkut kesehatan remaja. Dengan adanya SSK maka tujuan utama penambahan kualitas SDM generasi muda,”jelas Syafruddin.

Sementara Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah berharap keberadaan SSK tersebut dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain.

“Kita berharap ini jadi percontohan karena pencanangannya dari ibukota Banjarmasin supaya jadi percontohan dan diikuti sekolah di Kalimantan Selatan. Bukan hanya SMK tapi juga SMP,”kata Hermansyah.

Selain terintegrasi dalam mata pelajaran melalui buku panduan yang dibagikan, sekolah ini juga memiliki pojok kependudukan yang berfungsi untuk mengedukasi dan ruang berkonsultasi bagi para generasi remaja terkait program keluarga berencana.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *