Bahas Izin Amdal, Komisi III Berang DLH Tak Serius

DUTA TV KOTABARU – Sikap kepala Dinas LH Kotabaru Arif Fadillah yang terkesan tidak serius dan ketawa inilah membuat anggota dewan berang, sehingga beberapa kali ditegur dan akhirnya ketua komisi III Suji Hendra memutuskan untuk melaksanakan hearing pada pekan depan, dan langsung menutup rapat serta meninggalkan ruangan.

Padahal pada Senin siang kemarin itu (27/01/2020), sedang berlangsung agenda rapat kerja dengan Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru.

Rapat kerja ini menindaklanjuti aduan sebuah perusahaan yang mengajukan pembuatan izin Amdal, untuk perpanjangan izin SPBU, namun sudah setahun izin Amdal tersebut tak kunjung terbit.

Akibatnya SPBU yang berlokasi di jalan poros Kalsel-Kaltim desa Banua Lawas, kecamatan Kelumpang Hulu itu kini tak bisa beroperasi.

Dewan pun menuntut penjelasan mengenai prosedur penerbitan izin yang diajukan, serta masalah yang menyebabkan izin belum terbit, karena kondisi itu dikhawatirkan menimbulkan imej negatif di masyarakat, seperti adanya persaingan bisnis.

“Kami anggap kita dilecehkan pada rapat tadi, dia ketawa seperti nyibir, setelah ini Senin kita hearing perusahaan dinas terkait dipanggil, SPBU adalah hajat hidup orang banyak, kalau sampai dibekukan kasian,” tandas Suji Hendra.

ketua komisi III, Suji Hendra

ketua komisi III, Suji Hendra

“Saya cuma mmanfaatkan kita rapat kerja kan kesempatan maksud saya kan biar kita rutin, saya mengapresiasi dewan,” jelas Arif Fadilah.

kepala Dinas LH Kotabaru, Arif Fadillah

kepala Dinas LH Kotabaru, Arif Fadillah

Terkait lambannya penerbitan izin yang diadukan perusahaan, Arif Fadilah menyatakan sebenarnya tidak ada kendala teknis. Pihaknya hanya sangat berhati-hati karena menyangkut risiko gangguan lingkungan.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *