Alat Pengolah Pangan Lokal untuk UMKM Tala

Tanah Laut, DUTA TV — Guna memancing minat masyarakat terhadap olahan pangan lokal, para pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) di Kabupaten Tanah Laut menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan, paket bantuan berupa sarana dan prasarana pengolahan pangan lokal diberikan kepada dua pelaku UMKM  yang  ada di Kabupaten Tanah Laut, pada Senin (5/7).

Bantuan diberikan kepada UMKM Berkat Motekar Desa Pemuda dan UMKM Srikandi Taruna Jaya di Kelurahan Karang Taruna.

Lihat Juga :  Produk UMKM Tala Laris Manis Diserbu Warga Bajuin

Masing-masing UMKM menerima bantuan 12 barang berupa lemari etalase, rak pajangan,  kompor sunrise, wajan, panci kukus, timbangan dapur, pencetak mie, pisau set,  oven kompor, spanduk nama UMKM, dan X- Banner promosi serta kemasan.

Kepala DKPP Tala, Rizayadi, yang ikut mendampingi penyerahan tersebut berharap pemberian bantuan ini dapat lebih meningkatkan jumlah produksi dan ragam atau variasi dari produk olahan pangan lokal.

Lihat Juga :  ACT Lincurkan Program Wakaf UMKM

“Penerima bantuan ini harus memiliki beberapa kriteria yaitu harus pelaku usaha yang bergerak dibidang pengolahan pangan lokal, telah mengikuti pelatihan pengembangan usaha pangan lokal tergabung, teregister dalam anggota UKM/UMKM di Kalimantan Selatan, dan yang bersangkutan berminat meningkatkan produksi usaha, namun terkendala peralatan yang belum memadai,”katanya.

Sepanjang tahun 2021 ada dua UMKM yang menerima bantuan di Tanah Laut. Pada bulan Agustus mendatang DKP Provinsi akan menggelar gathering produk yang diolah UMKM se-Kalsel di Banjarbaru. Diagendakan, beberapa UMKM di Tanah Laut akan mengikuti gathering tersebut.

Lihat Juga :  Kok Orang Meninggal Dikasih Bantuan UMKM ?

Pada kesempatan penyerahan itu, Rizayadi turut menghimbau agar budaya konsumsi pangan sehat dapat segera menjamur melalui semangat dari pelaku UMKM yang peduli dengan olahan pangan lokal di Kabupaten Tanah Laut.

 

Reporter : Suhardadi

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *