Paman Birin Lepas Parade Perahu “Katinting” Ala Banjar

DUTA TV BANJAR – Pengibaran bendera start oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Kadispora Kalimantan Selatan ini, menandai pelepasan lomba dan parade perahu bermesin katinting  di sungai Martapura, atau tepatnya di dermaga pasar terapung Lok Baintan kabupaten Banjar Sabtu pagi (31/08/2019).

Lomba dan parade perahu bermesin katinting kali ini diikuti 100 buah perahu bermesin dalam rangkaian memeriahkan dan menyongsong Hari Olahraga Nasional atau Haornas tahun 2019 di Kalimantan Selatan.

Beragam hiasan dan tema dibuat oleh seluruh peserta mengingat dalam lomba ini dinilai dari sisi kreativitas peserta untuk menampilkan hiasan-hiasan bertemakan Haornas, bahkan kemeriahan juga tampak dalam acara ini, karena tak hanya diikuti oleh kaum laki – laki, namun  juga diikuti sejumlah kaum hawa yang mayoritas berprofesi sebagai pedagang pasar terapung.

“Ini andalan Kalsel, banyak juga andalan kita lainnya ini harus kita kembangkan karena ini budaya masyarakat pinggiran sungai, ini mempunyai sejarah sendiri karena sangat mendapat perhatian dari pengunjung luar Kalsel, harus kita kembangkan galakkan terus supaya memberikan harapan bagi masyarakat dan pengunjung datang ke Kalsel, event ini justru melestarikan perahu katinting ala Banjar”, kata Sahbirin Noor.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor

“Memeriahkan Hari Olahraga Nasional tahun 2019 di Kalsel dalam rangka memasmayarakatkan olahraga tradisional di Kalsel, dan ini juga menjadi bagian agar olahraga di Kalsel semakin meningkat, diikuti 100 lebih perahu bermesin, tahun ini meningkat, mudahan ini menjadi animo baik bagi perkembangan olahraga dan pariwisata di kalsel,” tambah Hermansyah Kadispora Kalsel.

Kadispora Kalimantan Selatan, Hermansyah

Setelah start dari dermaga pasar terapung Lok Baintan, di kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, iring-iringan perahu bermesin katinting ala Banjar ini berakhir di dermaga pasar terapung Siring Tendean Banjarmasin.

Peserta yang beruntung mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar Rp11.000.000,- bagi juara satu, hingga paling kecil Rp5.000.000 untuk pemenang ke-5, selain itu panitia dari Dispora Kalsel juga menyediakan ratusan hadiah door prize.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang

 

Reporter : Maisuri

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *