Momen Nyepi di Banjarmasin

Banjarmasin, DUTA TV — Ratusan umat Hindu di Banjarmasin melaksanakan ibadah nyepi, di Pura Jagat Natha Gatot Subroto Selasa petang.

Sebelum memasuki ibadah inti, mereka terlebih dahulu melaksanakan ritual tawur kesange. Dalam agama hindu tawur kesange ini dipercaya dapat membuat alam dan lingkungan menjadi sejahtera.

Hari raya nyepi ini menjadi momentum meningkatkan moderasi dan toleransi umat beragama, terlebih memasuki tahun politik dan rangkaian pesta demokrasi tahun depan yang mana tahapannya sendiri sudah dimulai dari 2023 ini.

“Hari ini dilaksanakan tawur kesange yaitu upacara yang harusnya dilaksanakan di perempatan pusat bumi, untuk pembersihan buana agung agar bumi netral, kita tingkatkan tanamkan toleransi, terlebih menjelang memasuki tahun politik, moderansi beragama sangat menentukan, sehingga pesta demokrasi bisa berjalan lancer,” kata  Made Supana, Wakil Ketua Pengurus Pura Jagat Natha.

Pelaksanaan rangkaian hari raya nyepi ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 19 Maret lalu dengan melasti atau pensucian alat upacara. Dan dilanjutkan pada hari ini yakni rangkaian catur brata yaitu berpuasa, larangan menyalakan lampu dan api, larangan bepergian, larangan berkegiatan, hingga larangan hiburan.

Reporter : Nina Megasari

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *