56 Nelayan yang Hilang di Kalimantan Barat Terus Dicari

Pontianak, DUTA TV — TNI Angkatan Laut mengerahkan dua Kapal Perang Indonesia (KRI) untuk membantu proses evakuasi dan pencarian 56 Anak Buah Kapal (ABK) yang hilang di perairan Kalimantan Barat.

Dua kapal perang itu yakni KRI Usman Harun-359 dan KRI Kerambit-627. Kedua armada itu dilibatkan dalam operasi pencarian ABK setelah 14 kapal motor nelayan mengalami kecelakaan pada Rabu (15/7).

Lihat Juga :  Pencarian 31 Nelayan Kalbar Dihentikan

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid mengatakan dua KRI itu sebelumnya tengah melakukan operasi patroli di perairan Natuna. Namun karena mendapat laporan ada kecelakaan kapal, dua alutsista TNI itu langsung diarahkan ke lokasi pencarian.

“TNI AL mengerahkan KRI Usman Harun-359 dan KRI Kerambit-627 yang tengah melaksanakan Patroli Kedaulatan di Laut Natuna usai mendapat laporan telah terjadi kecelakaan yang menimpa 14 Kapal Motor nelayan di tiga lokasi secara bersamaan karena dampak cuaca buruk di Perairan Kalbar,” kata Rasyid melalui keterangan tertulis, Jumat (16/7).

Lihat Juga :  Pencarian 31 Nelayan Kalbar Dihentikan

Saat ini, kata Rasyid, kedua KRI tersebut langsung bergabung dengan tim SAR untuk melakukan pencarian dan evakuasi.

Rasyid menjelaskan cuaca buruk yang terjadi di perairan Kalimantan Barat menyebabkan 14 kapal nelayan tenggelam. Akibatnya 56 orang ABK dinyatakan hilang, empat orang ditemukan meninggal dan 81 ABK selamat.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *