497 Batang Pohon Penghijauan di Kantor Gubernur Mati

DUTA TV BANJARBARU – Inilah sejumlah tanaman yang mati dari proyek penghijauan jalan di perkantoran gubernuran Kalsel di Banjarbaru, pada tahun anggaran APBD 2018, yang meliputi akses jalan sepanjang 10 Km.

Berdasarkan data untuk menghijaukan kawasan perkantoran pemprov Kalsel melalui Dinas Kehutanan mengalokasikan dana penghijauan di tahun 2018, dengan alokasi dana sekitar Rp4 miliar lebih dengan jenis tanaman mahoni, trembesi, spathodea, tabebuya, dan dadap.

Namun karena diduga kurang perawatan saat peralihan musim hujan ke musim kemarau, 497 dari 2.215 batang tanaman bibit berdiameter 10 cm itu mati.

Menurut kabid rehabilitasi hutan dan lahan Fathimatuzzahra, tanaman tersebut sudah sempat diganti oleh kontraktor sebelum bulan Juni kemarin, dan akan diganti atau disulam dengan bibit baru menunggu musim kemarau berakhir.

“Sebagian bibit akan diganti oleh kontraktor, dan sebagian dari kebun persemaian penghijauan dinas kehutanan,”kata Fathimatuzzahra kabid RHL.

Fathimatuzzahra kabid RHL

Total nilai tanaman yang mati tersebut diperkirakan mencapai 1 miliar lebih, dan rencaanya akan disulam kembali dengan bibit baru setelah musim hujan tiba.

 

Reporter : Tarida Sitompul

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *