24 Desa di Tapin Laksanakan Program Padat Karya Tunai

Kabupaten Tapin, DUTA TVSembilan Kecamatan di Kabupaten Tapin resmi memulai Program Padat Karya Tunai (PKT) yang diikuti 24 desa di wilayah setempat, pada Rabu pagi (21/04/2021).

Program PKT yang dibuka secara resmi oleh Plh Sekretaris daerah Kabupaten Tapin, Gusti Ridha Jaya di Desa Pulau Pinang, Kecamatan Binuang ini, nantinya akan menyasar berbagai kegiatan yang bersifat produktif.

Program PKT diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang selama ini terdampak akibat pandemi Covid-19. Bahkan pemerintah setempat juga memberikan berbagai bantuan yang nantinya dapat digunakan pada saat pelaksanaan PKT, salah satunya yakni berupa bibit tanaman holtikultura.

“Kita sudah melakukan hari ini pembukaan untuk kegiatan padat karya tunai di 9 Kecamatan dengan 24 Desa, alhamdulillah apresiasi pemerintah daerah terhadap kegiatan dari kegiatannya Dinas PMD karena pada saat pandemi Covid ini justru kita sudah bisa melaksanakan kegiatan yang membantu khususnya bagi dampak ekonomi akibat pandemi Covid, dan Padat Karya Tunai ini menjadi harapan bagi kita semua untuk meningkatkan usaha ekonomi mereka yang terdampak, selanjutnya mudah-mudahan disaat ini kita juga bisa membangun dan mereka pun sesungguhnya tidak pesimis atau tetap optimis disaat pandemi ini,” kata Gusti Ridha Jaya.

“Kedepan kita tidak terpaku pada kegiatan yang sifatnya pembersihan-pembersihan, tetapi kita bisa sifatnya kegiatan, ini bisa berkembang seperti berkebun tadi, nanti ketika menghasilkan ini bisa berlanjut, itu harapan kita, meskipun desa cuma memiliki lahan misalnya 1 borong, 5 borong nah itu coba kita manfaatkan untuk kegiatan kegiatan yang sifatnya produktif, dan harapan kita tentu kita akan mendapat kepercayaan lagi untuk mengelola dana intensif daerah dalam rangka pemulihan ekonomi daerah,” jelas Rahmadi, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin.

Dalam pembukaan program padat karya tunai kali ini, juga dilakukan penebaran ribuan bibit ikan di kolam milik Kelompok Tani Maju Bersama Desa Pulau Pinang, yang juga diharapkan dapat menjadi usaha baru masyarakat kedepannya.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *