Wisatawan Asing Tertunda Susur Sungai Akibat Tumpukan Sampah

dok wisatawan asing keliling berwisata susur sungai. (foto : duta tv)

DUTA TV BANJARMASIN – Pampangan besar kembali menyerbu kawasan sungai Martapura pada Jumat pagi (31/01/2020), seluruh alur perlintasan sungai tepat di bawah jembatan Pasar Lama, nampak tertutup beragam sampah, mulai dari bambu, batang pohon, hingga kasur springbed.

Beberapa speed dan kapal wisata kelotok tertahan diseberang alur termasuk wisatawan asing di dalamnya, dan mengurungkan niatnya menikmati wisata susur sungai lantaran tidak bisa melintasi bawah Jembatan Pasar Lama.

Fenomena rutin saat cuaca hujan dan angin kencang ini menjadi tontonan warga ataupun siswa selepas pulang sekolah.

“Sangat tidak bagus, kelotok juga tidak bisa lewat, karena sungainya tertutup semua,” ucap M. Ainur salah seorang siswa yang lewat melihat sampah di aliran sungai.

M. Ainur

M. Ainur

Meski kesulitan, petugas pasukan turbo dan armada kapal sapu – sapu diturunkan guna memecah pampangan agar alur sungai bisa dilalui.

“Fenomena ini terjadi setiap tahun ada 10-12 kali, dan ini sudah yang ke-4 kali di tahun 2020, biasanya fenomena ini kalau ada angin kencang, sampah datang ke Banjarmasin mulai jam 7,” jelas M. Syamsuddin, kordinator pasukan Turbo.

M. Syamsuddin, kordinator pasukan Turbo

M. Syamsuddin, kordinator pasukan Turbo

Sampah dan pampangan yang menjadi fenomena rutin ini seolah tak ada solusi, tinggal kesadaran warga untuk menjaga kebersihan sungai bersama.

 

Reporter : Fadli Rizki

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Redha Aulia R

Uploader.
Follow Me:

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.