Wayang Kulit dan Kuntau Hibur Tamu Undangan Pesta Perkawinan

Martapura, DUTA TV — Saidi, dalang wayang kulit banjar asal kampung jawa kota Kandangan, tampil memukau selama 6 jam dan menghibur warga di komplek Wijaya, RT 21 kelurahan Sungai Paring, kota Martapura.

Tema wayang berjudul cinta datang disaat pergi. Dalang yang sudah menekuni profesi selama 16 tahun ini, banyak menyisipkan pesan agama dan moral dan banyak menyisipkan candaan yang cukup menghibur warga.

Sementara itu, pagi harinya undangan pesta perkawinan Rama dan Liana dihibur dengan musik Gambus serta sebuah kesenian bela diri tradisional Banjar yakni Kuntau.

Aksipara pendekar, mempraktekkan perkelahian dengan tangan kosong maupun senjata toya dan senjata tajam mampu memukau undangan.

Sesekali aksi disisipi dengan candaan membuat undangan ikut tertawa.

H. Mulyadi pemilik LSM Marabunta Family dalam pesta perkawinan anaknya, sangat ingin menghibur undangan, sekaligus melestarikan kebudayaan Banjar. Sehingga memilih wayang kulit dan kuntau sebagai hiburan bagi undangan dan warga.

“Ingin Menghibur Undangan dan tamu yang hadir,” kata H. Mulyadi.

“Sering dipanggil untuk hiburan pengantinan,” ucap Saidi

Seni tradisi yang dikolaborasikan dengan kepedulian sejumlah warga banua, diharapkan menjadi sarana pelestarian kesenian tradisional Banjar yang menjadi salah satu identitas urang banua.

Reporter : Tarida Sitompul

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *