Warga Pesisir dan Pengelola Pantai Batakan Baru Ikuti Pelatihan Rescue

Tanah Laut, DUTA TV Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut menggelar pelatihan dan simulasi rescue bagi warga dan pengelola objek wisata Pantai Batakan Baru.

Pelatihan rescue kali ini diikuti oleh pelaku usaha pariwisata, Pokdarwis dan masyarakat pesisir Pantai Batakan Baru.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut M. Rafiki Effendi yang membuka pelatihan rescue mengatakan, pelaku pariwisata merupakan bagian terdepan dalam melakukan pertolongan apabila terjadi kecelakaan di area objek wisata.

Dengan bertambahnya kemampuan pelaku pariwisata dalam melakukan pertolongan pada kecelakaan, dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan di Pantai Batakan Baru.

“Kita berikan pelatihan dasar pertolongan pertama pada kecelakaan kepada pelaku pariwisata. Ini bertujuan agar apabila terjadi kecelakaan yang dialami oleh wisatawan, mereka dapat memberikan pertolongan pertama sehingga dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan,”katanya.

Selain diberikan materi tentang pertolongan pertama pada korban tenggelam, peserta pelatihan juga mengikuti simulasi dalam upaya melakukan evakuasi korban kecelakaan dalam air atau water rescue.

Dengan menggunakan pelampung, peserta pelatihan rescue menaiki perahu karet untuk mengevakuasi korban tenggelam dengan tata cara sesuai S.O.P rescue.

Reporter : Suhardadi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *